Pengaturan Lembar Kerja Pada Microsoft Word
Sebelumnya kita sudah mengenal Apa Itu Microsoft word dan sedikit mengenal bagian lembar kerja. Pembelajaran kali ini kita akan masuk lebih dalam lagi Belajar Microsoft Word pemula dan apa saja yang akan kita pelajari, yaitu
- Cara Menyimpan Dokumen /file
- Cara mengatur ukuran kertas dan Cara mengatur Margin
- Cara membuat kolom
Cara menyimpan Dokumen/File pada Microsoft Word
Sering sekali kesalahan yang terjadi ketika membuat dokumen file atau akan mengetik tidak langsung menyimpan, sehingga ketika terjadi sesuatu pada komputer/laptop file tersebut bisa hilang atau terhapus, percuma kita sudah jauh mengetik dan lupa menyimpannya untuk menghindari terjadinya hal tersebut pastikan anda langsung menyimpannya. Langsung saja kita buka Aplikasi Microsoft Word, saya disini menggunakan versi 2010.
Buka Aplikasi - Pilih Menu File - Pilih Save (bisa dengan shortcut CTRL+S)
![]() |
Menyimpan dokumen pada microsoft word |
Cara Mengatur Ukuran Kertas
Ukuran kertas sangat penting ketika kita sudah selesai mengerjakan dan akan mencetaknya, agar nanti hasil yang dicetak sesuai dengan apa yang sudah kita ketik atau dibuat. selanjutnya pada aplikasi Word.
Pilih Menu Page Layout - Pilih Size - Pilih More Paper Size (lihat contoh gambar bawah ini).
![]() |
Cara mengatur ukuran kertas di microsoft word |
Pada kotak merah anda bisa pilih ukuran kertas yang sudah disediakan, tetapi juga bisa mengatur secara manual dengan pilih More Paper (kotak hijau). Pada contoh gambar dibawah bisa membuat Custum Pages sendiri ukurannya, misalnya kita buat ukuran F4 (folio) bisa dengan ukuran 21 cm x33 cm.
![]() |
Setup Ukuran Kertas |
Cara Mengatur Margin di microsoft word
selanjutnya pada Tab Margin kita langsung mengatur batas Atas, Batas Bawah, Batas Kiri dan Batas Kanan. Pilih Tab Margin Pada Page Setup - selanjutnya isi kolom Top, Bottom, Right, dan Left. Pada bagian Orientation pilih Jenis Kertas Potrait atau Landscape.![]() |
cara mengatur margin di microsoft word |
Cara Membuat Kolom
membuat kolom disini adalah membagi 2 bagian lembar kerja atau kertas seperti halnya koran yang terbagi menjadi beberapa kolom, sangat mudah sekali untuk membuat ini karena sudah disediakan tools nya. Selanjutnya kita masih pada Menu Page Layout - Columns - Pilih Kolom Satu, dua. tiga bisa disesuaikan. (lihat contoh gambar)
![]() |
Membuat Columns di Ms Word |
Sekian untuk pembelajaran Belajar Dasar Microsoft Word Untuk Pemula semoga bisa bermanfaat. Untuk Selanjutnya kita akan belajar menyisipkan gambar pada lembar kerja Word.
0 Komentar untuk "Belajar Dasar Microsoft Word Untuk Pemula | Pengaturan Lembar Kerja"